Sabtu, 23 Maret 2013

Potensi kriminalisasi pada komputer dan internet

Pada kesempatan kali ini,saya akan membahas mengenai POTENSI KEJAHATAN KOMPUTER DAN INTERNET. Seperti yang kita ketahui, komputer dan internet merupakan komponen yang tmenjadi aspek penunjang proses-proses yang terjadi dalam kehidupan manusia.

Di era globalisasi ini,segala aspek kehidupan manusia sebagian besar menggunakan kecanggihan teknologi, baik aspek sosial, ekonomi, maupun budaya. teknologi ini menjadi daya tarik yang memikat masyarakat karena alat ini sangat mempermudah jalannya proses-proses kehidupan. Maka dari itu, alat ini dijadikan sarana kriminal bagi pihak pihak yang mencari keuntungan pribadi.

Sekarang ini, kriminalisasi komputer dan internet sangat pesat persentasi peningkatannya dikarenakan faktor internet user, transaction value, interaction frequency, comunities spectrum, usage objective.
- internet user atau pengguna internet. ini menjadi faktor yang menyebabkan kejahatan karena makin banyaknya pengguna, makin banyaklah mangsa kriminal untuk dijadikan korban.
- transaction value atau nilai transaksi yang meningkat, kemudahan bertransaksi menjadi sarana bagi para kriminal karena kesibukan serta kepadatan menjadi aspek yang membuat masyarakat sekarang mencari kemudahan untuk bertransaksi.
- interaction frequency atau frekuensi interaksi, semakin eksisnya 'seseorang' di dunia maya,maka frekuensi kejahatan yang dapat terjadi juga semakin besar
-comunities spectrum atau terbentuknya bermacam macam komunitas, tidak sedikit komunitas yang terbentuk di internet hanya jebakan yang dapat merugikan pihak yang terlibat di dalamnya
-usage objektive atau penggunaan dengan tujuan,ini juga menjadi salah satu sarana kejahatan internet dan komputer

beberapa domain kerawanan
1.operating system attacks,ini bisa disebabkan karena menggunakan applikasi yang ilegal
2.application level attacks, ini karena mendownload aplikasi yang bervirus.
3.shrink wraps kode attacks, ancaman ini tidak saja hanya berbentuk virus, tapi juga mailware,spam,dan kawan-kawannya.
4.misconfiguration attacks, ini dapat terjadi karena antivirus yang digunakkan tidak di update


sekian pembahasan mengenai kejahatan komputer dan internet, semoga ini bermanfaat bagi pembaca serta mohon maaf jika artikel ini belum sempurna... GODBLESS :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar