Minggu, 31 Maret 2013

TOP DOWN & BUTTOM UP

Pendahuluan

Dengan kemajuan teknologi yang terjadi sekarang ini,internet telah menjadi aspek yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sebagian besar masyarakat kita, bahkan angka statistik menjadi bukti bahwa searah dengan berjalannya waktu pengguna dan pelanggan di dunia maya juga semakin meningkat.tidak dipungkiri dengan adanya fenomena ini,maka para kriminal juga mulai mengincar peluang untuk mendapat keuntungan dari buah perkembangan zaman yang satu ini.

maka dari itu, untuk meminimalisir angka kriminalisasi di dunia maya, maka perlu diketahui penyebab terjadinya terlebih dahulu, ada berbagai pendekatan yang menjadi usaha untuk mengatasinya, yaitu pendekatan dari aspek teknis,sosial,dan budaya yang telah kita bahas pada artikel sebelumnya. saat ini, yang akan kita gali lebih dalam adalah pendekatan "top down dan buttom up". pendekatan ini, termasuk dalam aspek sosial keamanan internet.

tinjauan pustaka

  1. Perencanaan dengan sistem “TOP DOWN PLANNING” artinya adalah perencanaan yang dilakukan sebagai pemberi gagasan awal
  2. Perencanaan dengan sistem “BOTTOM UP PLANNGING” artinya adalah perencanaan yang dilakukan dimana masyarakat lebih berperan dalam hal pemberian gagasan awal sampai dengan mengevaluasi program yang telah dilaksanakan (wordpress.com)

pembahasan

implementasi pendekatan top down di ibaratkan seperti sebuah perusahaan yang memiliki data-data yang sifatnya pribadi,dimana data tersebut haruslah diperketat penjagaannya, maka penndekatan ini mengarahkan pimpinan untuk memberi interuksi secara berkala kepada para bawahannya demi memenuhi proses keamanan bagi data tersebut, sedangkan
implementasi pendekatan buttom up di ibaratkan seperti proses sosialisasi keamanan yang telah di update pada karyawan.

kesimpulan

kedua pendekatan ini saling berkesinambungan,sebab top down merupakan.proses pengamanannya dan buttom up sebagai proses sosialisasi kepada pekerja yang sehari-harinya diperhadapkan pada permasalahan tersebut.

daftar pustaka
 wordpress.com/
http://miira-herlina.blogspot.com/2011/11/meneropong-isu-keamanan-internet-aspek.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar