Rabu, 05 Juni 2013

email security

pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai email security atau keamanan pada email yang saya pelajari melalui pelajaran keamanan sistem informasi.

email merupakan komponen penting untuk dapat log in dalam aplikasi-aplikasi yang sedang booming saat ini, seperti facebook dan twitter.
tapi terkadang, pengguna baru facebook hanya memanfaatkan email untuk kepentingan facebook saja, setelah sign in, email dan password awal dilupakan
padahal inilah yang dapat memicu terjadinya pembajakan dan antek-anteknya.pada aplikasi tersebut.

berikut, penyebab-penyebab terjadinya pembajakan email:
-.email bersifat terbuka sehingga mudah dibaca oleh siapa saja.
- kemungkinan pembajakan dapat terjadi di setiap titik yang dilalui, misalnya saja pada facebook terdapat aplikasi pendukung contohnya games, namun games tersebut masih meminta user untuk log in.
nah... aplikasi ini perlu diwaspadai, sebab apabila aplikasi ini resmi milik facebook seharusnya tidak perlu log in lagi, cukup have permission saja

NB: untuk menghindari pembajakan sebaiknya menggunakan enskripsi..

Pemalsuan email dapat terjadi dengan mudahnya karena header email tersebut dapat ditulis sesuai keinginan pengirim email, sedangkan header biasanya berisi informasi pengirim dan tujuan penerima email, serta informasi MTA yang dilalui saat mengirim. untuk menghindari pemalsuan seperti ini sebaiknya periksa header dan cek asal email melalui digital signature.

penyusupan virus juga sering terjadi melalui email, karena email merupakan media yang paling mudah untuk mengirim virus, dan apabila penerima email teledor dan langsung saja membuka serta menekusuri email yang disertakan virus tersebut,ini dapat menyebabkan kerugian bagi pihak penerima
untuk mencegahnya, sebaiknya menggunakan antivirus yang melakukan pemeriksaan virus pada email tersebut sebelum memperkenankan aplikasi di jalankan.

Spamming, berikut adalah jenis yang melakukan promosi produk di email, jenis ini tidaklah berbahaya tapi sangat merepotkan.
cara pencegahannya, sering lah melaporkan setiap email yang di curigai adalah spam.

Mail relay, aksi ini cara kerjanya dengan menggunakan server orang lain untuk mengirim email palsu ke tujuannya.

sekian pemahaman saya mengenai email security, ancaman, serta penanganannya
semoga bermanfaat.. GODBLESS :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar